.

lcd service

  • Cara Mengatasi Layar Blank Putih TV LCD

    Berikut panduan cara memperbaiki atau mengatasi layar blank putih pada TV LCD anda, apa saja langkah langkah yang harus dilakukan agar LCD TV bisa kembali normal dan berfungsi dengan baik. Untuk kerusakan seperti ini anda bisa melakukan sendiri bagi yang telah mengerti sedikit mengenai teknisi cara service LCD TV, silahkan ikuti tahap-tahap berikut ini.

    1.  Bila LCD TV bisa start namun semua layar putih, pertama seperti biasa terlebih dahulu periksa PSU untuk mengecek koneksi solder yang kering serta periksa semua kapasitor elektrolit pada PSU.

    2.  Selanjutnya memeriksa sekering pico di papan controller / T-con. Ingat papan controller ESD sensitif, sehingga anda harus hati-hati ketika menguji board ini.

    3.  Periksa kabel LVDS dari mainboard ke papan controller dan partikan tidak longgar.

    4.  Juga memeriksa sambungan solder pada konektor kabel.

    Cara Service LCD TV - Memperbaiki Layar Blank Putih
    Kabel dari Mainboard menuju Controller board


    5.  Check da reseat FPCB atau ribbon cable dari controller board ke driver board.

    Cara Service LCD TV - Cara Memperbaiki Layar Blank Putih TV LCD
    Ribbon Cable (kabel ribbon)


    6.  Jika semua hasil pemeriksaan sebelumnya hasilnya baik, lanjutkan dengan memeriksa komponen mainboard seperti eletrolytic kapasitor dll.

    7.  Jika sekering pico pada papan pengontrol terbuka atau putus atau telah menjadi nilai ohm tinggi, coba ganti sekering untuk melihat apakah dapat memperbaiki TV.

    8.  Jika tidak, Anda bisa mengganti papan controller atau menggunakan alat pencari kebocoran untuk menemukan komponen korsleting pada controller board. Biasanya jalan terbaik adalah mengganti PCB. Kadang-kadang akan diperlukan untuk mengganti mainboard atau bahkan panel untuk mengatasi layar putih tetapi sebagian besar layar putih disebabkan oleh controller board rusak atau kapasitor elektrolit rusak dalam PSU (Kemungkinan sekunder kapasitor filter pada jalur tegangan papan pengontrol.

    Sumber :   http://ebookservislcdtv.comebookservislcdtv.com

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More