.

lcd service

  • LCD TV Toshiba 32PB1E Kena Petir , Mati-total

    Lcd tv Toshiba 32pb1e mengalami kerusakan akibat terkena efek petir yang masuk via aliran listrik,, saat kejadian kondisinya sedang standby dan akhirnya setelah kejadian lcd toshiba langsung mati total ( lampu indikator tampak tidak menyala ) .
    Komponen apakah yang mengalami kerusakan ? segera kita selidiki .
    Petir mempunyai arus listrik yang sangat besar dan biasanya bila mengenai perangkat elektronik , perangkat tersebut tidak bisa diperbaiki. Dalam berbagai kasus yang pernah kita coba perbaiki selalu berakhir dengan penggantian modul dengan biaya yang sudah pasti sangat mahal dan jarang ada klien yang mau membiayainya, alasan klasik ” mending beli baru mas ”  . Hal ini memang sudah menjadi kewajaran , penolakan klien untuk membatalkan proses perbaikan sudah sering kita temui,,, jadi enggak masalah buat saya ( sedikit curhat jadinya ) . Lanjut deh saatnya kita lakukan pemeriksaan dan rangkaian yang paling awal kita periksa adalah PSU ( power supply unit ).
    PSU mengalami kerusakan dibagian IC switching ini saya dapatkan setelah saya masukan aliran listrik dan saya ukur tegangan jala-jala tersedia yaitu 310 volt ( kurang-lebih ) dan tegangan untuk b-up tidak tersedia ( 0 volt ) . Saya lepaskan aliran listrik dan sisa tegangan yang tersimpan dikosongkan dengan memasangkan beban lampu pijar 100 watt/220 volt. Saat tegangan sudah kosong saya ukur dengan multitester fungsi ohm batas ukur x10 , hasilnya positif yaitu tidak ada hambatan ( konslet lebih mudanya ). Type ic yang digunakan adalah STRW 6052 S dan sebagai penggantinya kita gunakan type STRW 6053 S.
    Setelah saya pasangkan ic tersebut saya coba masukan aliran listrik dan alhamdulillah hasilnya PSU sudah kembali berfungsi, tegangan untuk sistem control 5 volt sudah tersedia begitu juga tegangan 13 volt. Karena saat perbaikan PSU saya bawa pulang jadi belum bisa memastikan apakah masih ada komponen yang mengalami kerusakan selain PSU tersebut, harus nunggu hari berikutnya. Keesokan hari ,saatnya pemasangan PSU di panel LCD dan disinilah saya temukan masalah baru. Lampu indikator tampak sudah hidup saat aliran listrik masuk , tapi di Mainboard Utama saya melihat lampu indikator kedap-kedip .
    Saya coba ukur beberapa titik tegangan masuk ( 5 volt , 3,3 volt , 1,2 volt dan 13 volt ) di pinout mainboard dan dari sini bisa saya pastikan ada masalah dengan sistem protek. Sedikit membutuhkan waktu extra untuk mencari letak jalur penyebab protek dan hasilnya Alhamdulillah ketemu dan ini ada di pinout  AC_DET .  Solusi untuk masalah ini cukup saya lepaskan kabel penghubung dari PSU ke Mainboard pin ( AC_DET ) dan akhirnya sistem kembali berfungsi, kini LCD TOSHIBA sudah normal kembali.

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More