.

lcd service

  • POWER SUPPLY 24le155 32le100

    PSU(power supply unit ) generasi terbaru menggunakan IC yg berkaki 6 (t sop 6).ncp1251 atau 5arx
    IC ini lebih simple karena membutuh kan external part yang lebih sedikit .
    Sistem kerja IC model ini menggunakan Current-Mode PWM Controller dengan frekuensi 65khz-100khz.PWM (pulse width modulasi ) adalah sistem yang umum digunakan dalam mode switching power supply ,Sistem ini bekerja dengan cara variasi lebar dan sempit pulsa ,di sesuaikan dengan kebutuhannya , semakin tinggi daya yang dibutuhkan semakin lebar pulsa yang dikeluarkan untuk memicu transistor mosfet bekerja .namun jika daya yang dibutuhkan kecil atau standby mode maka pulsa yang di keluarkan juga sempit .
    pin conection
    pin conection
    Gambar di atas menunjukan fungsi dari masing masing pin .
    1. GND = ground
    2. FB =Feedback pin
    3. OPP/OVP Adjust the Over Power ProtectionLatches off the part
    4. CS Current sense + ramp compensation
    5. VCC Supplies the controller
    6. DRV Driver output
    contoh skema psu
    contoh skema
    Trik memperbaiki PSU yang rusak .
    1. Ukur resistansi di kaki VCC  pada PIN 5  , resistansi nya harus lebih dari 2Mega Ohm ,Cara ngukurnya skala OHM meter ke posisi 10K ,letakan jarum warna hitam di kaki 5 IC dan jarum merah ke GND atau ke PIN 1 IC , jika nilai resistansi nya rendah dipastikan IC rusak .
    2. Masukan psu ke listrik ,  ukur tegangan di kaki 5 VCC harus keluar DC sekitar 12 volt ,jika tidak ada maka perlu di cek rangkaian start D7005 Dan R7003.
    3. Jika no 1 dan 2 normal ,tapi di output tidak ada tegangan coba ganti photo coupler pc817 dan ic error control KIA431 nya .
    Cara ngetes apakah power supply sudah normal atau belum adalah dengan cara memberikan beban ke output 12 volt menggunakan  lampu rihting atau lampu sein motor 12 volt , banyak dijumpai di toko onderdil motor
    CM150203-07550801
    PSU 24LE155KOMPONEN YANG DIGANTI

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More